Monday 27 April 2015

Benarkah Yogurt Tidak Ada Manfaatnya untuk Kesehatan?

 Yogurt. Foto: net


POJOKSATU.id – Yogurt merupakan jenis makanan yang dari dulu dipercaya memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Namun sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics justru mengeluarkan pernyataan yang berlawanan.

Seperti dilansir yahoo.com, Senin (27/4), dalam penelitian ini, para pakar dari Autonomous University of Madrid mengeluarkan pernyataan bahwa mengkonsumsi yogurt ternyata tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup, baik fisik maupun mental seseorang.
  
Studi ini tentu saja berlawanan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang justru menunjukkan bahwa yogurt memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Penelitian yang diterbitkan di jurnal BMC Medicine membuktikan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi yogurt setiap harinya terbukti dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi yogurt sama sekali.

Selain itu, penelitian lain yang diadakan di American Heart Association membuktikan bahwa yogurt dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition pun ikut mendukung teori ini dengan membuktikan bahwa yogurt dapat menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Yogurt merupakan jenis makanan yang mengandung bakteri baik sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan, bahkan pada beberapa kasus yogurt bisa mengurangi depresi. Lactobacillus rhamnosus yang terkandung dalam yogurt juga sangat diperlukan ibu hamil untuk menjaga janin dari zat toksik seperti merkuri dan arsenic yang bisa membayakan kesehatan janin.
(cr3/lya)

sumber:http://pojoksatu.id/pojok-news/2015/04/28/benarkah-yogurt-tidak-ada-manfaatnya-untuk-kesehatan/

No comments:

Post a Comment