Monday 27 April 2015

Gempa Nepal Runtuhkan Banyak Situs Warisan Budaya UNESCO

Ini salah satu situs budaya yang hancur di Nepal



POJOKSATU.id,NEPAL– Tidak hanya menelan ribuan korban jiwa, gempa berskala 7,9 SR yang terjadi di Nepal Sabtu kemarin (25/4) juga telah ikut menghancurkan beberapa bangunan yang menjadi situs warisan budaya oleh UNESCO.

Di jantung kota Katmandhu sendiri banyak patung dan candi yang dibuat pada abad 12 dan 18 rusak yang kini sudah berubah menjadi puing-puing karena gempa dahsyat tersebut.

Menara 9 lantai Dharahara, yang menjadi pusat kunjungan turis di kota Durbar juga ikut tersapu akibat gempa ini. Dalam beberapa menit setelah gempa, Dharahara sudah menjadi puing-puing dengan jumlah korban di dalamnya mencapai 100 orang lebih.

Tak hanya itu, bangunan Lumbini, yang dipercaya sebagai tempat lahirnya Budha, pun ikut hancur karena terkena gempa.

Perwakilan dari UNESCO sendiri saat ini tengah mengumpulkan keterangan mengenai kerusakan yang terjadi, terutama pada beberapa bangunan istana di Patan dan Bhaktapur, keduanya merupakan istana bekas kerajaan yang terletak di dekat lembah Katmandhu.

Christian Manhart, perwakilan UNESCO di Nepal seperti dilansir yahoo.com, Senin (27/4), mengatkan bahwa pihaknya sudah mengetahui dan mengecek perihal kerusakan situs dan beberapa cagar budaya di Nepal. Meski demikian, Christian menegaskan bahwa UNESCO belum membahas perihal rekonstruksi bangunan yang rusak tersebut, karena suasana masih genting.

No comments:

Post a Comment