Wednesday 27 May 2015

Tahun 2015 Suhu Bumi Terpanas Sepanjang Sejarah

Ilustrasi suhu panas bumi
POJOKSATU.id, INGGRIS – Tahun 2015 diperkirakan akan menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah sejak 136 tahun lalu. Pasalnya, di tahun 2015 suhu bumi meningkat akibat bertambahnya volume karbon dioksida di Bumi yang telah mencapai level tertinggi dari normalnya.

Hal ini terbukti dari cuaca panas yang melanda hampir seluruh negara bagian India yang telah memakan ribuan korban jiwa. Para peneliti akhirnya mengeluarkan peringatan bahwa hal ini akan mengakibatkan perubahan iklim yang akan dahsyat.
Ilustrasi Terompet Sangkakala
 
Seperti diberitakan oleh Mirror, Rabu (27/5), peneliti dari lembaga cuaca Inggris Profesor Adam Scaifemengatakan bahwa tahun 2015 akan menjadi tahun terpanas karena suhu global akan melampaui rekor panas pada 2014 yang disebabkan oleh tingkat perubahan iklim di Bumi telah melewati titik aman.
“Kami memperkirakan bahwa tahun ini dunia akan mencatat rekor baru, sekitar 0,64 ° C di atas normal, dan suhu global yang lebih tinggi sepanjang tahun ini dibandingkan pada tahap ini di 2014,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2015, di wilayah darat dan laut di dunia terjadi peningkatan temperatur dan suhu yang mencapai 0,80 derajat Celsius di atas suhu rata-rata abad ke-20. Fenomena alam ini menjadi rekor baru karena menembus rekor sebelumnya dari 0,07 ° C pada 2010.
(zul)

No comments:

Post a Comment