Thursday 21 May 2015

Wisata Cipanas Tak Berkembang

Kebun Raya Cibodas, Cipanas

POJOKSATU.id, CIANJUR – Pengembangan kawasan wisata di wilayah Cipanas dianggap sejumlah pihak jalan di tempat. Mengingat selama ini tidak ada inovasi baru dari pemerintah kabupaten untuk mengembangkannya.

Sekdes Sindanglaya Usep Supriatna menjelaskan, kawasan Desa Sindanglaya sudah banyak dipenuhi hotel dan berbagai areal pertokoan. Namun sangat disayangkan, Pemkab Cianjur tidak bisa memanfaatkan potensi yang sudah ada.

“Cipanas ini memiliki peluang untuk pengembangan bisnis investasi. Jumlah hotel dan resort di Sindanglaya sudah cukup banyak. Seharusnya ada terobosan baru untuk mengembangkannya dengan memasarkan aneka produk khas Cianjur,” terangnya.

Menurutnya, memasarkan barang khas Cianjur bisa meningkatkan animo wisatawan lokal atau mancanegara, untuk berkunjung ke wilayah Cipanas. “Contoh saja Lembang dan Cipanas-Garut. Disana banyak dijajakan aneka jajanan khas daerah setempat,” ujarnya.

Dikatakannya, Bappeda dan Dinas Pariwisata seharusnya bisa menjadi pelopor terhadap pengembangan potensi, dengan cara melakukan koordinasi dengan pemerintah desa.

“Pengembangan kawasan wisata Cipanas saat ini nyaris jalan di tempat. Kami harapkan ada terobosan baru untuk meningkatkan nilai jual kawasan wisata Cipanas. Jangan sampai wilayah Cipanas hanya dijadikan perlintasan saja,” ungkapnya.(fhn/dep)

No comments:

Post a Comment