Monday 4 May 2015

Listrik Naik Lagi, Pemerintah Cekik Rakyat

PLN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang kembali menaikkan harga listrik per Mei 2015 merupakan kebijakan yang dinilai membuat rakyat semakin menderita. Pasalnya, ekonomi masyarakat Indonesa terbilang banyak yang masih kurang mencukupi untuk kehidupan sehari-hari.

“Alasan yang digunakan PLN seperti nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Indonesian Crude Price (ICP) dan inflasi adalah alasan yang mengada-ada,” kata ekonom dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng, dalam keterangan beberapa saat lalu (Selasa, 5/5).

Sejauah ini, katanya, tidak ada transparansi di PLN terkait mengapa HPP listrik PLN menjadi yang termahal di dunia, sementara harga minyak telah turun sedemikian besar.

Menurut Salamuddin, seharusnya yang dilakukan pemerintah adalah membenahi manajemen PLN yang buruk, menumpuk utang luar negeri yang besar, dan operasional yang tidak efisien.

“Terlalu banyak pemain di balik kekuasan Pemerintahan Jokow-JK yang terlibat langsung dalam bisnis listrik. Kenaikan harga listrik akan menguntungkan mereka, menimbun uang di atas penderitaan rakyat,” demikian Salamuddin.
(ysa)

No comments:

Post a Comment